Senam hamil

Posting ah 🙂

Hari ini pertama kalinya ikutan senam hamil. Saya memang ingin sekali melahirkan dengan persalinan normal nantinya, dan salah satu caranya adalah rajin jalan pagi selama 30 menit dan ikutan senam hamil untuk relaksasi, latihan napas, dan ngencangin otot paha dan vagina. Kalo jalan pagi, saya dan suami baru mulai weekend lalu. Rencananya kita mau jalan tiap weekend dulu, ntar masuk bulan ke 7 baru mulai rutin tiap hari. Masalahnya emang waktu sih. Pagi-pagi biasanya buru-buru siapin sarapan lah, beres-beres lah, dan mau siap-siap ngantor kan. Hih.. ngeles yaaa ini, haha.

Anyway, ternyata senam hamil benar-benar bikin fresh. Biasanya siang-siang, sekitar jam 2, saya pasti udah ngantuk setengah mati di kantor. Bawaannya pegal.. yaa karena kebanyakan duduk juga sih. Trus jam 3an udah buru-buru pengen pulang karena capek :D. Hari ini, saya senam jam 9-10 pagi. Kebetulan ga harus ngantor. Pulang… belanja sebentar ke pasar Lamnyong trus masak. Beres-beres rumah, tau-tau udah jam 2 siang. Makan siang, shalat, mandi… dan baru mulai kerja jam 3. Tumben belum capek udah jam segitu. Biasanya pasti pengen tiduran aja, ga jadi kerja, haha.. Pas kerja juga badan cuma pegal-pegal di kaki dikit, yaa orang ga hamil duduk lama juga pegal kali ya. Lumayan produktif hari ini. Bisa selesai satu laporan, yang besok bisa langsung di print. Alhamdulillah. Laporan ini lumayan penting soalnya untuk pencairan duit bumil, hihi…

Soal senam hamil, saya sendirian aja loh di kelas. Berdua sama instruktur. Dua teman yang minat senam hamil belum ikutan mulai. Ngobrol-ngobrol sama instrukturnya, dia bilang emang di Aceh minat bumil untuk senam hamil ga terlalu bagus. Sedikit sekali yang aware sama pentingnya exercise saat hamil, terutama kalau mau persalinan normal. Banyak ibu-ibu yang akhirnya kesakitan berat pas melahirkan dan ujung-ujungnya minta operasi aja, yaa gara-gara kurang tau gimana cara relaksasi, cara napas yang benar. Bumil yang kurang exercise.. otot-otot perut, paha dan vaginanya juga lebih kaku. Ini sih teorinya. Realnya, ada temen saya ga pernah exercise melahirkannya gampang aja tuh. Mudah-mudahan saya juga nanti gampang melahirkannya, amien ya Rabb.

Oya, di Banda Aceh cukup sulit untuk cari tempat senam hamil. Saya akhirnya nemu di First Aerobic Centre di daerah Lampriet. Instrukturnya Nora, biasanya juga ngajarin aerobic, BL, dan yoga. Dulu, sebelum nikah, saya sempat ikutan BL juga sama Nora. Kata dia, lokasi senam hamil jarang ada disini karena peminatnya ga banyak. Jadi, mending kelasnya ga dibuka. Gitu… kasian yaa. Harganya juga ga mahal-mahal amat, 300 ribu sebulan, masuk 2x seminggu.

Buat yang mau tau manfaatnya, saya copy paste beberapa link nih.

Senam Ibu Hamil

Pemanasan untuk Ibu Hamil

Manfaat Olahraga untuk Ibu Hamil

Advertisements

2 Comments

    • Maaf, lama hiatus nih gara2 lupa password :D. Lupa nama tempatnya apa. Tapi itu jalan masuk sebelah hotel Madinah, lurus aja kira2 100 meter ada toko di sebelah kanan. Ada plang nama dokter disitu sekaligus nama tempat fitnessnya. Atau bisa juga hub langsung kak Nora, instruktur senamnya. Biasanya ngajar di hiphop.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s