K’s first trip

Kalo perjalanan via darat, K udah pernah ke Meulaboh beberapa kali. Selain karena mama masih kerja disana, saya pun kebetulan ngerjain project disana.

Banda Aceh – Meulaboh cuma 4 jam, dan kita bisa stop sesukanya kalo K rewel karena bosan atau mau tidur. Pas umur di bawah setahun sih enak ya bawa dia, kalo rewel tempelin ninin beres urusan. Makin gede, makin ga mempan jurus ninin, haha… ngamuk sih ngamuk aja. Terpaksa berhenti sebentar untuk sekedar dia lepas bosan di mobil.

Nah, pas kita mau ajak ke Jakarta itu… kita pun mulai bayangin ga enaknya dulu. Takut dia ga nyaman di pesawat, fakta bahwa kita ga akan bisa nonton bioskop (di banda aceh ga ada bioskop, nonton jadi agenda wajib sebenarnya kalo pas keluar kota :D), cranky kalo naik taxi (bayangin disini tuh kemana-mana cuma 30 menitan max, di jkt kan bisa berjam-jam kena macet), deesbe deeste lah.

Sempat memutuskan ga bawa bocah juga. Udah pake persiapan nitip ke mama, tapi yaa jatahnya ngurus anak emang. Mama tiba-tiba ada tugas mendadak dari kantor dan batal lah rencana titip menitip.

Kenyataannya…

Sebelum naik pesawat, kita biarin dia main biar capek. Katanya biar nyampe pesawat, anaknya langsung pengen tidur. Iya sih, K capek berat. Apalagi flight kita delay sejam. Harusnya berangkat jam 10 pagi, jadi jam 11. Sebenarnya pas juga sama jam nap K. Tapiii… K rupanya terlalu excited main sehingga dia menolak tidur, huhu. Padahal pas dia tunjuk nursery room, saya udah lega. Eehh, ruangannya penuh mainan bok, malah keenakan main juga anaknya. Akhirnya… K baru minta bobok pas dengan waktu harus boarding. Alamaakkk… mana ini first time kan. K heran kenapa banyak orang dusel-dusel naro barang sementara dia ingin nyaman karena ngantuk. Pecah lah tangisan bocah.. haha.. maaf ya para penumpang. K stop nangis pas pesawat udah kelar takeoff dan seat belt boleh dilepas. That was the longest takeoff ever deh. Sambil cengengesan sama suami menghadapi pandangan kasihan (atau sebal juga??) dari orang-orang. Selanjutnya, bocah pules sampe hampir nyampe Cengkareng. Alhamdulillah. Landing pun aman.

Tangisan kembali pecah pas kita di taxi. Waktu itu jumat sore yang mana super macet menuju kalibata. 2 jam di taxi bikin K ga nyaman dan bosan. Yasud lah, kita cuma bisa usaha mengalihkan nangis aja. Nangis diem nangis diem nangis diem… sampe rumah kakak ipar saya di kalibata. Hehe… kami pun semakin khawatir Jakarta mungkin bukan tujuan liburan yang tepat untuk bawa bocil hampir dua tahun ini.

Besoknya, kita full acara keluarga. Malamnya aja sempat ke kalibata city nyari makanan karena bosan sama makanan rumah. K baik-baik saja :D.

Minggu, kita ke Seaworld Ancol. Aman banget!! K menikmati lihat akuarium dan ikan. Pulangnya, kita mampir ke Tamcit nyari batik pak suami. K juga anteng aja. Kalo ngantuk tinggal bobok di stroller. Malamnya sempat ke PS janjian sama tante saya, ga cranky sama sekali. Perjalanan di taxi pun lancar aja meski sempat macet juga sebenarnya. Kayaknya dia udah adaptasi juga ya sama lama di jalan.

Senin, kita ke ke GI karena janjian sama sahabat saya pas di Malang, Bintang. Kelar makan siang sama Bintang, kita ke Tamcit lagi karena masih kebayang barang yang dilihat kemarin.. hehe.. maghrib baru nyampe rumah. K pun menikmati jalan-jalan dari mol ke mol, hehe. Mau tidur tinggal dorong stroller aja. Asal jam makan terjaga, bocah aman sentosa.

Selasa, kita pulang. Flight jam 5.30 pagi itu bantu juga sih. K masih bobok pas kita siap-siap, di taxi, boarding, sampe takeoff. Bangun pas sarapan. Yaa udah waktunya bangun sih emang, K biasa bangun jam 7. So far so good, until…

Landing!! Ntah kenapa K ga nyaman, padahal udah disodorin ninin, makanan. Pas landing pergi, kita ngasih makanan aja sih buat dia makan. Aman. Nah ini… ga mau apa-apa. Ngeh ngoh berujung nangis…hihii… penumpang lain tentu bete. Ada yang bersimpati bilang suruh tutup kupingnya lah, pakein kapas lah. Duh, bu ibu… boleh googling deh, tutup kuping anak ga ngaruh apa-apa. Soal mengatasi perubahan tekanan udara drastis saat di pesawat, bisa makan, ngunyah, nguap, atau nangis. Salah satu referensi yang saya baca malah nyaranin bawa headset… bukan untuk balitanya, tapi untuk penumpang yang ngomel dan bete sama anak kita, hahaha. Tapi tentu sebagai ibu baik hati, saya mengiyakan saja lah sambil senyum-senyum. K stop nangis pas pesawat mendarat di bandara Iskandar Muda. Alhamdulillah.

Ternyata bocil ga rewel-rewel amat ya. Alasan nangis cukup masuk akal, capek atau ngantuk, bukan karena ga jelas. Walaupun kita gagal nonton bioskop, tentu saja :).

Lesson learned lagi.. kalau bawa anak ga recommend pakai maskapai Singa. Sungguh tidak nyaman. Bangku sempit, pelayanan ya ga usah ngarep lah namanya juga budgeted airline, sering delay bisa bikin anak bete, dan nature penumpangnya yang lebih grasah grusuh. Don’t get me wrong, saya juga tergolong penumpang maskapai ini, karena lebih murah. Tapi, emang, kok penumpang maskapai lain lebih nyantai aja gitu bawaannya. Pas pulang, kita naik maskapai Baju Khas Indonesia. Jauh berbeda perasaannya. Penumpang lebih tertib dan santai, bangku lega terutama space buat kaki, dan pelayanan lebih oke. Kalo ada cacatnya, cuma pas urusan check in di Halim. Kecil sekali ya ruangannya. Antrian mengular karena hanya ada 2 counter check in, sementara penerbangan pagi itu cukup padat.

Begitu lah perjalanan K yang pertama. Semoga next time, bisa jalan-jalan lagi dengan bahagia, ga pake nangis.