Mentor

Saya melihat kecenderungan anak-anak muda sekarang berpikir lebih strategis.

Dulu… Selesai kuliah, fresh graduate melamar kerja, memulai pekerjaan dari yang remeh hingga mencapai posisi baik dan sangat baik. Jadi tukang foto kopi dan bikinin kopi buat staf-staf juga boleh, sambil unjuk bakat agar cepat naik pangkat. Hehe… Ya begitu lah. Berjenjang.

Sekarang… Jika mau cepat meroket, cari saja mentor. Mentor yang sudah punya nama, tentunya. Jadi asisten sang mentor, pegang-pegang tasnya, mengerjakan tugas remehnya, sering-sering beri masukan bagus dan cerdas saat berdiskusi. Mentor biasanya membimbing kita dengan lebih baik dibanding bekerja di dalam organisasi yang sistemnya lebih kompleks. Bonusnya, jejaring sang mentor tentu menjadi jejaring kita juga. Ya kan? Rekomendasi dari sang mentor pasti menjadi penting bagi kita.

Beberapa teman saya mengamalkan jurus mencari mentor. Terbukti berhasil. Dibanding saya yang memulai praktek sebagai urban planner tak ber’mentor’ dari nol… alias dari level desa, beberapa desa, sampai bisa dikenal di level provinsi… teman-teman saya yang ‘ikut’ sang mentor relatif lebih cepat karirnya. Setahun saja pegang-pegang tas Pak mentor, langsung dapat posisi officer dan direkom menjadi dosen. Doi tentu tak perlu menjadi fasilitator desa bertahun-tahun, langsung bisa menjadi speaker di level provinsi.

Cerdas? Pasti… Selain takdir Allah, anda tentu harus cerdas untuk dapat ikut seseorang yang akan kita sebut ‘mentor’. Tak mungkin mentor memilih asisten hanya berbekal ‘ini anak temen saya’, hehe…

Minim pengalaman? Ga juga loh… Ikut mentor justru memperkaya pengalaman. Pengalaman yang berbeda pastinya dengan mereka yang memulai dari bawah. Eits.. jadi asisten kan juga mulai dari bawah ya.

Maka… Jika mau cepat meroket, cari mentor saja 😀.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s