Desember

Whoaaa udah Desember aja. Tahun ini, selain ngajar, ada 5 project yang lumayan bikin pusing. Three down, two more to go. Huhuuuu.. perasaan lemburan terus tapi ga kelar-kelar. Sementara nilai mahasiswa belum disetor-setor.

Tiap tahun tuh selalu bikin resolusi tahun depan ga mau ambil kerjaan banyak, mau fokus sama anak, mau ikut banyak pengajian, dan yasudahlah switch ke dunia penelitian aja. Tapi nyatanya, ku tak bisa menolak. Mostly bukan soal duitnya, tapi tantangannya. Kayak ngerjain RDTR, saya mau karena jarang-jarang bisa dapat kerjaan RDTR. Trus ditawarin RTR ekowisata. Itu juga menarik karena menangani langsung kawasan ekosistem Leuser. Diajakin mendampingi Rancangan Qanun, mau juga karena pengalaman pertama pegang Naskah Akademis. Sebenarnya sudah membatasi 3 aja. Tapi, belakangan kampus pun demanding, studi kerjasama dengan instansi pemerintah pun ku terkena getahnya. Bukan cuma satu, tapi dua dan tiga. Hiks… Kasihan Karim. Kadang-kadang bobok ga ketemu ketek. Plus dimarahin kalo emaknya lagi bete telat keluar pagi gara-gara bangun kesiangan.

Yah, tiada solusi selain bersyukur. Orang lain mungkin susah cari sumber rezeki. Sambil mengucap syukur alhamdulillah, mari kita selesaikan kerjaan ini satu-satu. Sebelum Desember berakhir.

Advertisements